Intan's Weblog

Indonesia in My dreams..

Posted on: January 25, 2009

“Aku Untuk Negeriku ”

Mimpiku untuk Indonesiaku,

>>>E-learning

di masa datang penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan latihan ditingkatkan dalam rangka  memeratakan mutu pendidikan, terutama di Indonesia yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah yang sangat berjauhan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan sekarang. Dengan adanya aplikasi pendidikan jarak jauh yang berbasiskan internet, maka ketergantungan akan jarak dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pendidikan dan latihan akan dapat diatasi, karena semua yang diperlukan akan dapat disediakan secara online sehingga dapat diakses kapan saja.


elearn
E-Learning (Electronic Learning), proses pembelajaran dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi. Menurut Michael Purwadi (2003) perangkat elektronik yang dimaksud dalam hal ini adalah perangkat elektronik yang ada kaitannya dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia (CD ROM, Video Tape, Televisi, dan Radio).
E-learning adalah proses pembelajaran yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan teknologi informasi dan internet. E-Learning tidak lagi hanya terbatas pada proses pembelajaran yang sifatnya statis, stand alone, dan satu arah, tetapi telah meluas menjadi proses pembelajaran yang sifatnya dinamis, collaborative, dan multimedia.
Secara khusus, e-learning mempunyai ciri-ciri, antara lain (1) memiliki content yang relevan dengan tujuan pembelajaran, (2) menggunakan metode instruksional, misalnya penyajian contoh dan latihan, (3) menggunakan elemen-elemen seperti kata-kata dan gambar-gambar untuk menyampaikan materi pembelajaran, dan (4) membangun pemahaman dan kemampuan yang terkait dengan tujuan pembelajaran baik secara perseorangan atau kelompok (Clark & Mayer, 2003).
Keunggulan pembelajaran melalui e-Learning, menciptakan peluang interaktivitas mahasiswa menjadi lebih meningkat. Tidak ada batasan waktu dan tempat dan mahasiswa menjadi lebih bertanggung jawab akan kesuksesannya.

>>> E-Hospital

ehospital

Harapanku di masa mendatang seluruh Rumah Sakit di Indonesia berkonsep E-Hospital to Green Hospital , yang mengarah kepada pelayanan kesehatan rumah sakit tanah air, dengan banyaknya berbagai kebutuhan rumah sakit dengan jumlah pasien, dokter, pegawai, atau calon pasien, karena itu membutuhkan inovasi teknologi tersendiri yang mendukung pelayanan. Tidak perlu direpotkan dengan cara manual dalam pengoperasian dalam proses transaksinya. Konsep e-Hospital to Green Hospital, dimana tidak ada lagi pasien yang menerima secarik kertas resep untuk tebus obat, karena daftar obat ataupun administrasi biaya pengobatan si pasien sudah ditransfer oleh dokter yang dilakukan secara online ke bagian apotek. Yang melalui program ini, tidak ada lagi yang namanya kesalahan medis akibat salah tulis resep. Program yang sekaligus untuk mendukung kampanye Global Warming, sebagai upaya untuk mengurangi produk bahan alami pembuat kertas. Melalui konsep e-hospital yang diharapkan semua data-data transaksi yang terjadi dalam sebuah rumah sakit untuk dipindahkan ke dalam sebuah sistem komputerisasi. Konsep yang terbentuk dari sistem terpadu untuk menyajikan data secara cepat, akurat, dan tentunya transparan. Seperti untuk pencaharian data pasien, dokter yang menangani, dan lainnya yang dapat dengan mudah dilakukan dan hanya memutuhkan waktu beberapa detik saja. Konsep yang telah tercipta ini diharapkan, mampu memenuhi sebuah pelayanan kesehatan yang selama ini diidam-idamkan, yaitu bentuk layanan yang cepat dan aman semakin terwujud. “Yang terpenting, konsep e-hospital ini secara tidak langsung menciptakan konsep green hospital, melalui pengurangan pemakaian kertas, dalam upaya mendukung kampanye ramah lingkungan.”

>>> Sekolah MI (Multiple Intelligence)
multiple

Sekolah MI (Multiple Intelligence) berbeda dengan konsep e-learning, Sekolah  MI (Multiple Intelligence) menerima semua anak dengan kekurangan masing-masing. Disini diterapkan konsep bahwa sekolah memang menjadi tempat membenahi dan memberikan solusi pemecahan.

Sekolah MI (Multiple Intelligence) menggunakan metode Accelerated learning (Percepatan Pembelajaran)

Memori
Disini dapat diterapakan
1. Metode hafalan, misalnya materi pelajaran yang ada dibuat menjadi lagu dan dinyanyikan bersamaan.
2. Metode kedua Mind Map, metode kedua ini dilakukan dengan membuat kerangka dari materi yang disajikan, diharapakan dengan melihat kerangka materi ini siswa dapat memahami dan bahkan mampu menjelaskan materi dengan baik.
3. Speed Reading, dengan membaca secara cepat akan membantu otak untuk merangkai memori.
4. Higher order thinking : ( pengaturan cara berfikir)
Action Research
The question :
Hal ini dilakukan dengan memerintahkan anak didik untuk membuat pertanyaan hipotesa atau mengungkapakan suatu masalah
Data collection :
Disini anak didik disuruh untuk mengumpulkan data terkait permasalah yang sedang dibahas.
Misalnya masalah temanya masalah kedzaliman. Anak anak disuruh mencari data di Koran, majalah atau sumber yang lain untuk mencari data tentang tindak kedzaliman yang sering terjadi dalam keseharian.
Data Analysis :
Melakukan analisa terhadap data-data yang telah terkumpul pemecahan suatu permasalahan. Setelah data data terkumpul para guru pembimbing bertugas menjelaskan permasalahan yang ada ketika ada hal-hal yang tidak jelas ketika anak didik sedang menganalisa masalah.
The Findings :
Disini anak dibimbing untuk menemukan beberapa alternaif dan cara penyelesaian dari suatu masalah.
The Action plan :
Melakukan rencana yang sudah ditentukan sesuai prioritas. Anak didik dibimbing untuk melakukan pemilihan dari hal-hal terpenting dari yang penting.
Pengaplikasian Pengajaran
Dalam praktek pengajaran diusahakan materi pendidikan dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan metode ini anak didik akan lebih enjoy dalam mengikuti pelajaran pelajaran bisa diberikan dalam bentuk permainan-permainan tertentu. Pengajaran yang monoton akan membuat anak menjadi cepat merasa jenuh. Bisa dibayangkan ketika anak didik sudah jenuh anak didik tidak akan bisa mampu menerima pelajaran dengan baik. Jadi diupayakan agar anak merasa senang dengan apa yang sedang dia lakukan. Indikasi dari kesuksesan ini anak tidak akan merasa ingin cepat selesai. Mereka akan minta tambahan jam pelajaran supaya bisa tetap bermain. Metode yang dipakai adalah metode yang memicu anak untuk memakai daya pengingatan jangka panjang (Long term memory). Pada saat anak belajar dengan perasaan bahagia maka pelajaran akan lebih mudah untuk dipahami. Misalanya dalam materi sejarah. Disini anak didik didaulat untuk menjadi pelaku sejarah. Anak didik dibagi dalam kelompok tertentu atau kedalam kelompok besar untuk membentuk drama kolosal.

>>>Membangun Lebih Banyak  Kota Satelit

sate

Kota satelit adalah kota kecil di tepi sebuah kota besar yang meskipun merupakan komunitas mandiri, sebagian besar penduduknya tergantung dengan kehidupan di kota besar. Biasanya penghuni kota satelit ini adalah komuter dari kota besar tersebut ini.

Misalkan Depok adalah sebuah kota satelit dari Jakarta.

Kota satelit merupakan daerah penunjang bagi kota-kota besar di sekitarnya dan merupakan ‘jembatan’ masuk/akses untuk menuju ke kota besar. Karena kota satelit juga berfungsi sebagai penunjang kota besar, maka implikasi daripada kota satelit sebagai penunjang akan tampak pada hidup keseharian warganya. Kota satelit bisa juga sebagai pemasok barang-barang kebutuhan warga kota besar, karena semakin besar dan berkembangnya suatu kota maka sikap warganya untuk memproduksi barang-barang untuk kebutuhan mereka juga akan semakin turun. Karena hal inilah maka fungsi kota satelit sebagai kota penunjang kebutuhan hidup masyarakat kota juga akan semakin tampak. Terlepas dari fungsi kota satelit yang terbangun di atas, dengan adanya interaksi yang tetap, maka sikap hidup pada masyarakatnya juga akan secara bertahap akan mengalami apa yang bernama “resonansi sosiologis“, yaitu perubahan sikap yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi yang relatif tetap.

>>> Indonesia Wireless  Zone

kabe

Semoga di masa depan Indonesia tidak lagi dipenuhi dengan kabel-kabel listrik yang terkadang terlihat tak beraturan..

>>> E-Commerce  Lifestyle

Sejujurnya saat ini untuk berbelanja nggak harus pergi keluar rumah, karena perdagangan sudah bisa dilakukan secara online.

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

>>>RFID in your Body

Implanted RFID ini adalah RFID yang ditanamkan dibawah kulit kita. Bisa diletakkan di bahu atau ditangan (antara jempol dan telunjuk).

Besarnya hanya sebesar BERAS… bisa dimasukkan dengan operasi kecil (gak usah dibius) atau bisa juga dengan disuntikkan langsung ke dalam kulit. Ada yang berminat mencoba? rfid

Komponen di dalamnya ada Transponder / tag (chip+antena) yang merupakan unit penyimpanan data elektronik yang diletakkan di objek/orang yang akan diidentifikasi. Bisa read/wirte secara wireless dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan frekuensi dasarnya, tipe memori, kapasitas, mode akses, dan level keamanan. Lalu ada juga Reader, bisa juga digunakan untuk write. Mempunyai antena untuk mengkomunikasikan dengan tag (transponder).

Nah, kalau untuk dimasukkan ke dalam tubuh, RFID ini harus dilapisi dengan plastik bio-material agar aman dan gak bergeser-geser letaknya. GAK LUCU kan kalau kita sudah melambaikan telapak tangan kita (sok X-Men lagi) buat buka pintu secara otomatis ternyata gak bisa kebuka gara-gara RFID nya sudah pindah ke bahu,, rfid2


Transponder akan menyimpan data pada microchip yang letaknya di antena kecil untuk komunikasi dengan reader. Saat reader berkomunikasi dengan tag, akan menginduksi daya dengan medan magnet dan mentransmisikan pulsa data ke transponder, yang membawa instruksi dari reader. Sistem RFID dipicu saat antena reader mengirim gelombang elektromagnetik ke tag yang merupakan dasar dari identifikasi wireless. Desain dari antena mempengaruhi cara kerja sistem keseluruhan. Reader akan mengatur komunikasi wireless ini dengan transponder.

Antena internal atau eksternal reader mengirim perintah dengan gelombang elektromagnetik ke transponder dan memproses informasi balasan dengan tag. Jadi, tugas utama reader adalah untuk memproses sinyal transmisi, men-filter sinyal yang kembali, dan menyiapkan sinyal untuk diproses oleh komputer/PLC.


>>> Pesawat Modern

Sangat diharapkan sekali Indonesia bisa menciptakan pesawat modern yang high technology, menyaingi negara-negara tetangga.

Berikut ini contoh pesawat yang sudah ada

plane2

plane3plane4

Nah setelah mengungkapkan mimpi2ku, langkah-langkah yang bisa dilakukan saat ini ..

>>Belajar,  Menuntut ilmu, untuk mewujudkan impian tersebut.

>>Dengan menuangkan ide-ide liar yang timbul untuk membangun Indonesaiaku ini dalam blog.

>>Memperluas jaringan pertemanan dengan orang-orang penting dan cukup berpengaruh,,

>>Menanam pohon untuk mengurangi dampak Global Warming

to be continued…

Tags:

2 Responses to "Indonesia in My dreams.."

impian yang bagus😀

terus berkarya ya!!

-salam kenal dari sesama peserta lomba blog-

Wah impian yang sangat menawan untuk negeriku tercinta Indonesia..

Mari kita wujudkan bersama sama dengan asa para pemuda kita..

Semengatx…(^_^)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: